Kiat Merawat Kebersihan Mulut Spesial Buat Pasien Kawat Gigi Ortho Atau Behel

55 views

Merawat kebersihan dan kesehatan mulut secara optimum teramat sangat penting pasca perawatan kawat gigi atau pasang behel. Kondisi ini bisa membantu perawatan berlangsung lancar. kawat gigi dapat menyelipkan sisa-sisa makanan menjadi repot untuk disingkirkan. Ketika ada penumpukan plak pada gigi, potensi ini akan memicu terjadi nya radang gusi dan gigi sehingga bisa mengakibatkan masa perawatan jadi tertunda. Banyak pasien menanyakan mengenai tenggang waktu perawatan, itu semua bergantung pada sejauh mana mereka dapat kooperatif sepanjang tahapan perawatan. Berikut ini adalah sejumlah panduan menjaga kebersihan kesehatan mulut buat pasien kawat gigi:

  1. Pilih sikat gigi yang tepat.
    Bulu sikat gigi yang keras dapat menyebabkan iritasi gusi oleh karena itu gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut
  2. Menyikat gigi setelah makan.
    Setelah makan, biasanya ada beberapa sisa-sisa makanan yang terselip pada kawat gigi. Dengan menyikat gigi setelah makan dapat menghilangkan sisia makanan yang terselip di sela-sela kawat gigi
  3. Flossing setiap hari.
    Flossing secara rutin setiap hari dapat menghilangkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi meskipun membutuhkan waktu lebih lama, benang flossing dapat membantu perawatan kebersihan orthodonti.
  4. Check Up Rutin.
    Pemeriksaan atau check-up secara rutin sangat penting dilakukan oleh para pasien kawat gigi karena dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi. Dengan pemeriksaan secara rutin, dokter akan memeriksa kawat gigi dan karet dan membantu mencegah dari putus.
  5. Hindari makanan buruk.
    Beberapa makanan termasuk buruk bagi pasien kawat gigi adalah makanan ringan yang lengket, keras atau terlampau manis.

Pasien ortho yang secara intensif merawat kebersihan gigi akan dapat mempercepat masa perawatan.

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Print this pageEmail this to someone