Tips Memilih Sound System Yang Pas Untuk Konser Pertunjukan

291 views

Kebutuhan sound system begitu diperlukan saat berencana mengadakan konser pertunjukan. Sudah barang tentu sound system yang dapat memberikan suara berkualitas baik yang bisa dirasakan penonton anda. Temukan informasi tips bagaimana anda bisa menentukan sound system yang tepat untuk konser atau event anda. Kunjungi jasa sewa sound system

Memilih audio sound system yang pas penting buat pertunjukan konser dan type event siaran langsung lainnya. Kumpulan amplifikasi elektronik sound diantaranya mikrofon, signal processors, loudspeakers, & amplifiers. Instalasi sound system yang pas akan meningkatkan kegaringan suara audio live atau pra-rekaman. Sound system yang rumit dapat meliputi ratusan mikrofon, mixer & pengolah sinyal yang kompleks serta beberapa speaker dan ribuan watt ampli.

  1. Mixer.
    Mixer berperan sebagai pusat komando semua sistem. Kualitas suara yang terdengar pada audiens anda bergantung pada kualitas mixer yang anda pilih. Mixer terdiri dari berbagai jenis, diantaranya: Analog, digital dan power. Analog mixer bisa menjadi opsi yang tepat bila anda dipergunakan untuk group band rock simpel yang meliputi dua gitar, keyboard, bass dan drum. Dengan begitu, cermati kualitas komponen internal dan eksternal, desain dan kehandalan jangka lama ketika menentukan mixer. Pastikan komponen memungkinkan anda untuk mengedit audio & menambahkan efek tertentu. Cermati apakah anda dapat mengecek fungsi via perlengkapan yang berlainan. Sebagai contoh, sebagian mixer memungkinkan anda untuk mengatur tingkat output di monitor maupun handphone.
  2. Mikrofon.
    Tujuan utama mikrofon yakni untuk memperkuat vokal panggung. Berbagai jenis tersedia untuk fungsi yang berbeda. Mikrofon dinamis, misalnya amat coco untuk siaran langsung. Ini biasanya lebih besar dari mikrofon kondensor yang biasa dipergunakan pembuat film untuk rekaman berkualitas tinggi. Jadi, tentukan dimana anda merencanakan untuk mempergunakan mikrofon, karena mereka kemungkinan mempunyai kualitas suara yang beragam satu sama lainnya. Pilih mikrofon searah bila anda perlu mendapatkan suara yang jernih dari MC atau instrument pada jarak yang tidak terlalu jauh.
  3. Amplifier.
    Perangkat ini meningkatkan daya sinyal melalui sumber energi eksternal. Ampli menggunakan listrik, kapasitor, & transistor guna menghasilkan sinyal tingkat dasar buat speaker. Ini mungkin memiliki model yang berbeda, berdasarkan aplikasi, rentang frekuensi & instrument atau peralatan yang digunakan. Dengan begitu, pergunakan ampli yang dapat memberi power dua x lebih besar dari rating daya loudspeaker anda. Pastikan penguat bisa mensupport kualitas suara yang dikeluarkan dari instrument atau alat lain yang akan anda gunakan.
  4. Pembicara.
    Narasumber mengubah input sinyal audio elektrik supaya terdengar sehingga audiens bisa menikmati audio berkualitas tinggi disetiap ruangan. Komponen ini mungkin terdiri dari berbagai jenis ukuran, bergantung dari musik & tempat. Speaker bass contohnya mengeluarkan frekuensi rendah buat meningkatkan nada bass. Sederet frekuensi tinggi disisi lain menghasilkan mid-range hingga suara frekuensi tinggi yang diarahkan ke tingkat audiens.

    Jadi, perhatikan lokasi anda pada waktu memilih pengeras suara. Gunakan pengeras suara besar ketika anda akan meliput lokasi yang luas untuk konser. Pastikan keperluan speaker yang anda butuhkan. Uji coba beberapa pasang speaker sebelum dipergunakan. Pastikan dapat menghasilkan suara yang jernih & berkualitas tinggi. Loudspeaker dapat menghasilkan setiap nada dari beberapa sumber audio.

Jadi, perkirakan ukuran undangan anda jika anda mempunyai ruang yang besar, pastikan supaya menetapkan budget yang sesuai buat alat-alat ini. Pilih alat-alat sound yang tepat untuk tempat anda. Umpamanya, anda mesti mengecek apakah sound mampu berfungsi sempurna di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Share on Facebook2Tweet about this on TwitterShare on Google+0Print this pageEmail this to someone